Comments

Monas sebagai Ikon Ibukota Jakarta

Posted by at 11:15 AM Read our previous post
Monumen Nasional yang lebih dikenal dengan sebutan Monas atau Tugu Monas merupakan sebuah monumen peringatan setinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan para pejuang Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari tangan kolonial Hindia-Belanda.

Pada tanggal 17 Agustus 1961 dibawah perintah presiden Soekarno, maka monumen ini mulai dibangun. Kemudian dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Monas terletak di tengah lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Tugu ini mempunyai sebuah mahkota yang dilapisi lembaran emas yang mencerminkan semangat perjuangan bangsa berkobar. Saat ini Monas juga merupakan ikon DKI Jakarta.


Sejarah pembangunan Tugu Monas
Monas dibangun denan tujuan untuk mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa untuk merebut kemerdekaan dan  untuk membangkitkan semangat patriotisme bagi generasi penerus bangsa.

Monas mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 yang  diarsiteki oleh Friedrich Silaban dan R. M. Soedarsono. Konsep dasar dari Monas adalah Lingga dan Yoni. Monumen ini dilapisi marmer Italia dengan mahkota berbentuk lidah api yang dilapisi lembaran emas. Kemudian dibangun sebuah kolam di Taman Medan Merdeka Utara yang juga digunakan sebagai sistem pendingin udara dan juga untuk memperindah pemandangan dari Monas itu sendiri. Di dekat kolam tersebut terdapat sebuah air mancur dan sebuah patung Pangeran Diponegoro yang menunggang kuda. 

Terdapat sebuah relief di setiap sudut halaman luar monumen yang menggambarkan sejarah perjuangan bangsa. Patung-patung relief ini dibuat dari bahan dasar semen dengan mengguakan kerangka dari pipa dan logam. Dengan melihat dan mengamati secara seksama relief-relief yang terdapat di setiap sudut monumen, maka Anda bisa mengetahui sejarah bangsa mulai dari kerajaan Singasari, Majapahit sampai penjajahan Belanda dan Jepang.

Di dalam Monas terdapat sebuah Ruang Kemerdekaan yang menyimpan berbagai macam benda-benda bersejarah. Antara lain naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, bendera merah putih yang dijahit sendiri oleh ibu Fatmawati dan masih banyak lagi benda-benda bersejarah yang ada di dalamnya. Pada bagian puncak, pengunjung bisa melihat pemandangan seluruh kota Jakarta. Selain itu, jika cuaca sedang cerah maka pengunjung bisa melihat gunung Salak di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Demikian sedikit uraian tentang Tugu Monas  yang dapat saya sampaikan kepada Anda semua. Semoga sedikit uraian ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.

© Berbagi Informasi Online is powered by Blogger